Pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan

Saya, Anda dan kita semuanya bisa menjadi pihak-pihak yang berkepentingan terkait dengan laporan keuangan. Apa yang dimaksud dengan pihak-pihak yang berkepentingan dan siapa saja mereka? Pihak-pihak berkepentingan terhadap laporan keuangan adalah siapapun yang membutuhkan laporan keuangan yang tersaji pada laporan keuangan untuk mengambil keputusan.
Pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan

Pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan

Adapun pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan adalah:
1.    Pihak Internal Perusahaan
Pihak internal perusahaan adalah pihak-pihak didalam sebuah perusahaan, yakni.
a.       Manajemen
Pihak manajemen perusahaan mengggunakan laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban mereka kepada pemilik perusahaan atas kinerja mereka selama mereka bekerja diperusahaan tersebut. Apabila laporan keuangan mereka bagus, artinya kinerja mereka pun bagus. Namun, pihak manajemen tidak diperkenankan melakukan window dressing atau mempercantik laporan keuangan dengan memanipulasi data.
b.      Pemilik perusahaan
Tentu saja pemilik perusahaan sangat peduli dengan laporan keuangan karena sebagai pemilik, tentu saja ia memiliki kuasa untuk mengetahui perkembangan perusahaan yang ia miliki. Laporan keuangan membantu pemilik perusahaan untuk memutuskan apakah perusahaan akan diekspansi ataukah tidak. Pemilik perusahaan juga bisa memprediksi apakah dengan kondisi laporan keuangan yang seperti itu, perusahaan masih bisa berumur panjang atau tidak.
c.       Karyawan
Karyawan membutuhkan informasi laporan keuangan untuk menilai kondisi perusahaan. Sekiranya perusahaan berada dalam kondisi baik, karyawan bisa bekerja dengan tenang. Mereka juga bisa meminta konpensasi lebih kepada perusahaan apabila kemajuan perusahaan tidak diikuti dengan bertambahnya upah karyawan. Namun, bila perusahaan terlihat berada dalam kondisi tidak baik, karyawan bisa bersiap-siap untuk mencari pekerjaan baru.
2.    Pihak Eksternal Perusahaan
Pihak eksternal perusahaan adalah pihak-pihak yang diluar perusahaan bukan dari dalam perusahaan, berikut pihak-pihak eksternal perusahaan yakni:
a.       Investor
Investor sangat membutuhkan informasi laporan keuangan untuk memutuskan apakah akan membeli saham tertentu atau tidak (menambah investasi atau tidak). Ketika melihat laporan keuangan perusahaan yang sudah go public, investor akan memutuskan untuk menambah jumlah saham yang ia miliki terhadap perusahaan tersebut.
b.      Kreditur
Hampir sama dengan karyawan, kreditur membutuhkan laporan keuangan untuk menilai kondisi perusahaan sehat atau tidak, sebelum ia memutuskan untuk memberi, menambah atau bahkan mengurangi kredit.
c.       Supplier
Untuk perusahaan manufaktur (pabrik), keberadaan supplier atau pemasok sangatlah penting. Biasanya perusahaan tidak membayar sekaligus bahan baku yang dipesan dari supplier. Untuk menilai kondisi perusahaan, apakah ia kuat membayar atau tidak, supplier bisa melihat laporan keuangan perusahaan tersebut.
d.      Pemerintah
Laporan keuangan suatu perusahaan sangat berguna bagi Pemerintah terkait dengan masalah pajak. Laba yang tinggi tentu saja akan menghasilkan pajak yang tinggi pula, begitu pun sebaliknya.
e.      Masyarakat Umum
Dikoran-koran Nasional pada waktu tertentu, biasanya pada bulan maret, biasanya ada publikasi laporan keuangan dari perusahaan tertentu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan"

Post a Comment