Tujuan Membuat Laporan Keuangan

Tujuan Membuat Laporan Keuangan ~ Laporan keuangan tidak hanya berkaitan dengan orang-orang yang bergerak atau berkecimpung dalam bidang keuangan. Karena posisi laporan keuangan yang sangat penting, semua pihak yang berkepentingan harus bisa membaca dan memahami laporan keuangan tersebut. Sebelum membahas lebih jauh, mari kita pahami defisini laporan keuangan terlebih dahulu. Banyaknya asumsi bahwa laporan keuangan adalah sesuatu yang disebabkan oleh banyaknya orang yang belum mengenal laporan keuangan lebih jauh.
Tujuan Membuat Laporan Keuangan
Definisi sederhana dari  laporan keuangan adalah catatan keuangan mengenai aktivitas perusahaan atau organisasi selama kurun waktu tertentu (satu periode akuntansi/satu tahun) yang memperlihatkan kondisi pada kurun waktu tersebut dan dipergunakan sebagai informasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Segala sesuatu yang berhubungan dengan hal yang material dan krusial yakni uang, pasti dan harus dicatat dalam bentuk laporan keuangan.

Tujuan Membuat Laporan Keuangan

Mengapa laporan keuangan menjadi hal yang sangat penting disetiap organisasi atau perusahaan pada skala apa pun? Ibarat pancaindra, laporan keuangan adalah mata. Tanpa mata, manusia tidak akan bisa melihat dunia seisinya. Begitu juga halnya jika tanpa laporan keuangan, kegiatan perusahaan atau organisasi selama setahun atau periode tertentu menjadi tidak berarti. Tujuan dari laporan keuangan adalah sebagai berikut:
  • Memberikan segala macam informasi keuangan selama kurun waktu tertentu (periode akuntansi/satu tahun), misalnya informasi tentang:
  • Perubahan aset/harta, uang, dan modal (bertambah, berkurang atau tetap),
  • Radio pertumbuhan ekonomi perusahaan dari waktu ke waktu dengan membandingkan laporan keuangan per tahun,
  • Jenis-jenis aset atau harta yang dimiliki, misalnya kendaraan, gedung, tanah, serta uang kas (tunai), jenis-jenis utang bila ada, termasuk juga jenis-jenis modal misalnya modal saham dan nonsaham, serta
  • Informasi lainnya yang berkaitan dengan posisi keuangan perusahaan.
  • Memberikan penilaian tentang kondisi perusahaan pada saat itu, misalnya apakah kondisi perusahaan termasuk sehat atau  tidak bila jumlah utang melebihi jumlah aset atau sebaliknya.
  • Membantu pihak-pihak yang berkepentingan untuk membuat putusan penting setelah membaca dan menganalisa laporan keuangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tujuan Membuat Laporan Keuangan"

Post a Comment