Laporan Keuangan Untuk Pribadi

"Perbedaaan falsafah antara si kaya dan si miskin adalah: Si kaya menginvestasikan uang dan sisanya dia belanjakan, sedangkan si miskin membelanjakan uang dan sisanya dia investasikan." Jim Rohn

Laporan Keuangan Untuk Pribadi

Bila perusahaan mewajibkan diri untuk membuat laporan keuangan, bukan berarti secara personal Anda tidak boleh membuat laporan keuangan untuk diri Anda sendiri/keluarga. Laporan keuangan untuk pribadi, walau tidak diperuntukkan bagi pihak-pihak berkepentingan seperti pada perusahaan, tapi tetap bisa dikatakan penting karena dengan laporan keuangan pribadi, Anda bisa mengontrol seberapa besar pola hidup Anda selama ini, apakah Anda tergolong boros atau sebaliknya. Anda juga bisa mengetahui kemampuan Anda saat ini.
Laporan Keuangan Untuk Pribadi
Laporan keuangan untuk pribadi tidak perlu serumit laporan keuangan pada perusahaan. Intinya, Anda hams mencatat uang yang masuk, asalnya dari mana, serta berapa uang yang ke luar dan untuk apa saja.
Formatnya bisa seperti dibawah ini:
Arus Kas Tunai
Bulan    Tanggal    Keterangan    Debit    Kredit    Saldo

Anda bisa mencatatnya di program Microsoft Excel. Untuk sementara, Anda bisa mencatat ants kas harian tersebut di note telepon genggam dan bisa Anda pindahkan ke program Microsoft Excel setiap malam.

Kas di Bank
Apakah Anda memiliki kas di bank (simpanan) dan sering melakukan transaksi? Misalnya untuk pembayaran internet, listrik, beli pulsa, atau transaksi online lainnya. Sama halnya seperti arus kas tunai, arus kas yang ada di bank juga harus Anda catat. Walaupun Anda bisa mengeprint buku tabungan, apa salahnya bila Anda juga memiliki rekapannya. Formatnya sama dengan di atas.

Pemakaian Kartu Kredit
Setiap kali memakai kartu kredit, Anda akan mendapatkan struk. Jangan langsung dibuang sebelum Anda mencatatnya. Mencatat pengeluaran dengan menggunakan kartu kredit juga sangat penting karena setidaknya Anda memiliki sistem pengendalian internal sendiri dan tidak pasrah begitu saja pada petugas kartu kredit.

Software Pembuat Laporan Keuangan

"Banyak orang menganggap berinvestasi itu berisiko. Bagi saya, berinvestasi itu tidak berisiko, yang berisiko adalah jika kita tidak mempelajarinya terlebih dahulu sebelum berinvestasi yang sebenarnya." Tung Desem Waringin

Di atas sudah sedikit disinggung bahwa untuk perusahaan berskala besar, baik jasa, dagang, maupun manufaktur, adalah sangat tidak efektif bila kegiatan akuntansi dilakukan secara manual. Biasanya, petugas akuntansi dibantu oleh sebuah software untuk memudahkan pekerjaan mereka. Dengan demikian, sekali meng-input data berupa transaksi keuangan untuk dijurnal, akan langsung bisa didapat posisi keuangannya. Namun demikian, tetap saja penting bagi orang-orang yang terlibat dalam kegiatan akuntansi untuk mengetahui secara detail akan setiap transaksi dan sifat transaksi yang ada. Software yang biasanya dimiliki oleh perusahaan adalah Microsoft Excel, adalah sistem akuntansi yang paling mudah untuk perusahaan berskala kecil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Laporan Keuangan Untuk Pribadi"

Post a Comment